UTILIZING “MENTORING AND SUPERVISION” PROGRAM AS A WAY TO INCREASE LECTURERS’ TEACHING PROFESSIONALISM

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis manfaat program “mentoring dan supervision” dalam meningkatkan kinerja dan profesi mengajar dosen di lembaga pengembangan bahasa (P2B) IAIN Padangsidimpuan. Masalah yang diangkat adalah apa manfaat yang diperoleh oleh dosen dengan mengikuti program “mentoring dan supervision” itu, apakah memberikan manfaat yang positif atau tidak. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang lebih menekankan pada analisis data yang lebih terperinci dalam bentuk penjabaran dan generalisasi. Penelitian ini diadakan di Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) Institut Agama Islam Negeri yang terletak di Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, 20 dosen dari 60 dosen yang mengajar bahasa Inggris dipilih menjadi responden dalam penelitian ini. Adapun instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan wawancara; angket terdiri atas 15 pertanyaan dan wawancara terdiri atas 5 pertanyaan. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis data deskriptif. Akhirnya, diperoleh kesimpulan bahwa program “mentoring dan supervision” memberikan manfaat dalam pengajaran bahasa Inggris. Adapun manfaat yang diperoleh adalah: (1) memberikan ilmu dan wawasan mengenai teknik dan trik mengajar yang menarik dan menyenangkan, (2) memberikan kesiapan guru dalam mengajar, dan (3) mempererat hubungan social sesama dosen di P2B IAIN Padangsidimpuan.