IMPROVING STUDENTS’ READING NARRATIVE TEXT COMPREHENSION THROUGH STORY MAPPING TECHNIQUE AT GRADE VIII MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan teknik Story Mapping di kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Sebagian besar siswa berprestasi rendah dalam membaca pemahaman teks naratif, siswa pasif di kelas, siswa kurang tertarik membaca dan juga kurang motivasi, dan siswa tidak memiliki teknik pembacaan yang sesuai. Masalahnya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Masalah dalam faktor internal adalah kesulitan siswa dalam mengidentifikasi karakter, mengidentifikasi setting, mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi koda, dan mengidentifikasi kosakata dalam konteks. Masalah dalam faktor eksternal adalah motivasi, gangguan, meminta izin, dan tidur di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam membaca pemahaman dan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan Teknik Story Mapping di kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan desain Hopkins yang terdiri dari identifikasi masalah dan melakukan empat tahap. Selain itu, untuk memecahkan masalah membaca, peneliti menerapkan Teknik Story Mapping. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua tes baca dan dua siklus. Partisipan adalah kelas VIII-5 yang terdiri dari 30 siswa dan juga ada kolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan nilai mean perbaikan siswa. Uji pertama pada siklus I adalah 70,33 (43,33%) dan uji kedua pada siklus II adalah 80,83 (86,66%). Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada siklus kedua lebih tinggi daripada siklus pertama. Kemudian hasil perhitungannya menjadi = 5,58, ttabel dengan df = 29, tingkat signifikasi pada (tt5% = 2,045). Dapat diketahui bahwa hasilnya lebih besar dari tt. Berdasarkan catatan observasi menyatakan bahwa siswa mendapat peningkatan dan siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar membaca pemahaman. Berkaitan dengan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa pemahaman bacaan siswa telah membaik. Ini menegaskan bahwa dengan menggunakan Teknik Story Mapping meningkatkan pemahaman teks naratif membaca naratif.