THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING SPEED AND READING COMPREHENSION OF 3RD SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT OF STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecepatan membaca siswa dan pemahaman bacaan siswa. Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif, dimana penulis menggunakan SPSS untuk menghitung kecepatan membaca siswa dan jumlah jawaban yang benar yang telah mereka jawab. Peserta penelitian adalah 33 mahasiswa semester tiga Jurusan Bahasa Inggris di STAIN Gajah Putih Takengon. Instrumen penelitian adalah tes baca, dimana siswa membaca teks dengan cepat dan peneliti menghitung waktu menggunakan stopwatch, selanjutnya siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. Sebagai hasil penelitian, penulis menemukan bahwa ada hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa dimana nilai korelasi Pearson menunjukkan 0,000 atau lebih rendah dari 0,05.