A Review of Studies Dealing with the Vocabulary Acquisition and its Relation to the Age

Abstract

Pemerolehan bahasa, khususnya pemerolehan kosakata telah diteliti dan ditulis secara ekstensif selama bertahun-tahun. Kosakata atau yang lumrah didunia diperbincangkan disebut vocabulary merupakan himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Lalu, bagaimana sebenarnya pengaruh pemerolehan kosakata terhadap usia? Jawaban tepatnya adalah dengan mengkaji dan menelaah beberapa penelitian-penelitian terdahulu, dipahami bahwa siswa pada usia remaja lebih cepat menangkap bahasa terlebih pada kosakata, sebab siswa dapat menangkap sesuatu hal yang baru ia dapat secara spontan. Terakhir, hasil dari teori yang didapat mengenai pemerolehan kosa kata kedua digunakan sebagai teori fundamental bagi para guru bahasa. Teori tersebut digunakan untuk menemukan efektifitas pembelajaran. Dalam hal ini pendidik dapat menciptakan inovasi strategi pengajaran yang sesuai dengan pembelajaran kosakata dan hubungannya dengan usia anak didiknya.