Effect of Concept Circle Strategy on Students’ Vocabulary Mastery at Grade VII MTs N 2 Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengaruh Strategi Lingkaran Konsep pada penguasaan kosakata siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan Strategi Lingkaran Konsep lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi Concept Circle adalah 55,62 dan skor rata-rata setelah menggunakan strategi Concept Circle adalah 82,62. Sedangkan skor rata-rata kelas kontrol pada post test adalah 68,58. Selain itu, nilai t hitung lebih besar dari ttabel (4.205 2.021). Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi Concept Circle pada Penguasaan Kosakata Siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan.