The Effect of Make a Match Technique on Students’ Reading Comprehension at XI Grade of MAN 1 Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Masalah siswa dalam pemahaman bacaan adalah: 1) Sebagian besar siswa masih mendapatkan kelas rendah dengan rata-rata adalah 60. 2) Sebagian besar siswa tidak mengerti teks yang dibaca oleh siswa. Mereka hanya membaca teks tanpa memahami teksnya. 3) Sebagian besar siswa mudah merasa bosan saat mereka belajar tentang teks bahasa Inggris. Selain masalah siswa, teknik guru juga menjadi masalah dalam belajar bahasa Inggris. Guru masih menggunakan pengajaran konvensional dan tidak memiliki variasi dalam pengajaran membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan teknik Make a Match lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan teknik Make the Match adalah 64,13 dan skor rata-rata setelah menggunakan teknik Make the Match adalah 75,23 dan mengalami kenaikan 11,10. Pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa adalah 3.009 dengan jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel (3.009 2.000). Itu berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.