THE CORRELATION OF STUDENTS’ MOTIVATION AND ATTITUDE TO STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT AT GRADE VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Studi ini bertujuan mendeskripsikan hubungan motivasi dan sikap dengan prestatsi belajar pada siswa kelas VIII SMP Megeri 9 Padangsidimpuan.berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima hasil penelitian, yaitu: 1) terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai rxy was 0.38, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 2) Terdapat hubungan sikap dengan prestatsi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai rxy was 0.441, hubungan keduanya dinyatakan cukup. 3) terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsdimpuan, ketika variabel sikap dikontrol. Berdasarkan nilai rxy was 0.209, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 4) tidak terdapat hubungan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, ketika variabel motivasi dikontrol. Berdasarkan nilai rxy was 0.114, hubungan keduanya dinyatakan tidak ada. 5) terdapat hubungan motivasi dan dengan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai rcount was 0.234, hubungan ketiganya dinyatakan lemah.