ASSESSING ENGLISH LANGUAGE TEACHING

Abstract

Asesmen atau kata lain disebut dengan penilaian merupakan upaya pengumpulan informasi terhadap hasil belajar siswa melalui bermacam instrumen. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah dipelajari. Penilaian terhadap pembelajaran bahasa inggris perlu dilakukan dengan lebih autentik agar apa yang diharapkan dari siswa dapat diketahui dengan benar. Penggunaan instrumen penilaian yang tidak baik atau tidak autentik akan menjadikan guru atau dosen salah dalam menilai siswa atau mahasiswa. Penilaian dalam reading comprehension dan grammar juga harus dilakukan dengan baik dan autentik agar apa yang diharapkan dari pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan dan target yang diharapkan. Penilaian dilakukan harus mengacu kepada silabus dan proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Hal ini dilakukan agar guru atau dosen dapat mengetahui secara lebih dalam penguasaan siswa atau mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan. Kata-kata kunci: