THE CORRELATION OF STUDENTS’ MOTIVATION AND ATTITUDE TO STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT AT GRADE VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Studi ini bertujuan mendeskripsikan hubungan motivasi dan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima hasil penelitian, yaitu: 1) Terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai was 0.381, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 2) Terdapat hubungan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai was 0.441, hubungan keduanya dinyatakan cukup. 3) Terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, ketika variabel sikap dikontrol. Berdasarkan nilai was 0.209, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 4) Tidak terdapat hubungan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, ketika variabel motivasi dikontrol. Berdasarkan nilai was 0.114, hubungan keduanya dinyatakan tidak ada. 5) Terdapat hubungan motivasi dan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai was 0.234, hubungan ketiganya dinyatakan lemah.