Designs of English Lesson Plan in Vocational School

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap guru bahasa inggris adalah mampu merencanakan pembelajaran dalam bentuk lesson plan. Akan tetapi, masih ada sebagian guru yang bahkan belum mampu menyusunnya. Hal itu disebabkan sedikitnya pemahaman tentang komponen-komponen pembelajaran yang harus dimasukkan dalam lesson plan, seperti; standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan, indikator, dll. Maka, setiap guru selayaknya mampu merumuskan komponen-komponen itu dalam penyusunan lesson plan. Tujuan dari kajian ini adalah menggambarkan bentuk penyusunan lesson plan bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelitian dalam jurnal ini menggunakan paradigma kualitatif yang mengambil sampel tiga guru bahasa Inggris dari tiga Sekolah Menengah Kejuruan yang berbeda. Adapun teknik pengambilan data yaitu menggunakan interview dan analisis dokumen. Dalam hal ini, ketiga guru yang menjadi sample diberikan pertanyaan atau interview kemudian dilanjutkan dengan analisis dokumen dalam bentuk analisis Lesson Plan dan RPP yang dipakai di kelas. Akhirnya, ditemukan beberapa temuan yaitu terdapat beberapa komponen-komponen yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan lesson plan dan RPP seperti; kompetensi dasar, standar kompetensi, indikator, materi ajar, metode, dan penilaian.