STANDARDIZING TEACHING ENGLISH VOWELS IN EMPOWERING STUDENTS’ PRONUNCIATION
Abstract
Tulisan ini bertujuan memberikan ide pada standarisasi pengajaran bunyi vokal bahasa Inggris dalam memberdayakan pengucapan mahasiswa saat ini. Pengajaran bahasa Inggris saat ini adalah sebagai produksi bahasa secara internasional. Produksi bahasa adalah proses menyampaikan makna atau pengalaman dalam bahasa lisan dan tulisan. Tulisan ini fokus pada produksi bahasa lisan. Kita butuh teori tentang produksi bahasa. Yakni fonetik dan fonologi. Fonetik adalah kajian bunyi dan wujud material berbentuk simbol. Fonologi adalah kajian bunyi dan wujud mental atau wujud makna yang menunjukkan bahasa. Dalam pengajarannya saat ini, bahasa Inggris telah terbagi dalam tiga lingkaran, yakni: (1) lingkaran inner-bahasa pertama atau bahasa ibu, (2) lingkaran outer-bahasa kedua, dan (3) lingkaran expanding-bahasa asing. Ketiganya haruslah distandarisasi untuk pengajaran berdasarkan alfabet fonetik internasional (IPA). dan pengucapan yang diterima (RP). Pada kajian ini memokuskan pada bunyi vokal bahasa Inggris. Terdapat empat karaktersitik dalam menggambarkan bunyi vokal bahasa Inggris, yangkin: (1) penempatan lidah, (2) tinggi lidah, (3) pusaran bibir, dan (4) kualitas bunyi vokal. Produksi vokal haruslah tepat dan benar untuk menghasilkan bunyi vokal bahasa Inggris menjadi standard dan diterima. Terdapat juga persepsi tambahan untuk bunyi vokal yang perlu diklarifikasi, yaitu kemingkinan bunyi vokal dari huruf vokal. Ini akan memberikan pengajaran untuk memudahkan produksi vokal kepada pengguna asing khususnya untuk masyarakat Indonesia.