THE USE OF CODE-SWITCHING IN ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT STATE ISLAMIC COLLEGE OF JURAI SIWO METRO (An Analysis of the students’ language attitude toward English-Indonesian Code Switching)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, beberapa siswa menggunakan bahasa Indonesia-Inggris dan sebaliknya, sebab mereka fikir sangatlah susah menjelaskan suatu topik menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu, sangat diperlukan pembelajaran sikap berbahasa atau berinteraksi dengan mengalihkan kode berbahasa Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris “Code Switching”. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi sikap berbahasa siswa terhadap alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Selajutnya, penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif serta menggunakan tekhnik purposive sampling yg didasarkan pada tujuan peneliti atas dasar hal-hal tertentu. Kemudian, ada 6 mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro pada semester 4 yang menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Observasi, interview, dan skala semantic differential sebagai alat pengumpulan hasil data. Dan dari hasilnya, diketahui bahwa mahasiswa menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Alasan utama dikarenakan penggunaan alih kode bahasa Inggris-Indonesia sebagai strategi yang interaktif, dan bisa memfasilitasi pembelajaran serta mereka bisa lebih mengerti dengan menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia. Lebih lanjutnya, sikap berbahasa mereka itu merupakan sikap berbahasa yang positif. Hal itu diketahui dari hasil tabel data dari alat pengumpulan data yang diberikan kepada mahasiswa bahwa 50% positif, 33% antara positif dan negatif dan 17% negatif.