Improving Students’ Reading Comprehension of Expository Texts through Learning Together Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana peningkatan pemahaman bacaan teks eksposisi jenis ‘problem-solution’ pada mahasiswa semester tiga jurusan bahasa Inggris STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan. Disamping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 34 orang mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat kali pertemuan. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan observasi menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Untuk mendukung data kualitatif sebagai bukti peningkatan pemahaman bacaan mahasiswa, data kuantitatif dikumpulkan melalui hasil ujian mahasiswa yang diberikan diakhir setiap siklus. Untuk membantu pengumpulan data, peneliti meminta kesediaan salah seorang dosen lain untuk menjadi kolaborator. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ‘LTS’ dapat meningkatkan pemahaman bacaan mahasiswa yang disebabkan oleh faktor materi, aktivitas mahasiswa, pengelolaan kelas, dan pendekatan yang digunakan dosen dalam mengajar.