Kinerja Guru Bimbingan Konseling Islam di Sekolah

Abstract

Keberadaan Bimbingan dan Konseling dalam kerangka pendidikan merupakan salah satu bidang dalam proses pendidikan disamping bidang kurikulum dan pengajaran serta bidang administrasi dan supervisi pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana tugas dan peran guru Bimbingan Konseling Islam di sekolah, artikel ini merupakan penelitian pustaka, dengan mengumpulkan berbagai buku- buku maupun jurnal yang berkaitan dengan pelayanan guru Bimbingan Konseling di sekolah serta buku- buku lainnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Guru BK merupakan eksekutor layanan – layanan Bimbingan Konseling disekolah, yakni membantu siswa untuk dapat mengentaskan masalahnya serta dapat hidup lebih mandiri. Namun kehadiran guru BK disekolah selama ini hanya dianggap sebagai polisi sekolah, satpam sekolah yang memberikan Punishment terhadap siswa- siswa yang melanggar peraturan sekolah.Hasil penelitian ini akan memberikan gambaran ataupun pemahaman bagaimana peran guru BK maupun Pejabat Sekolah terhadap pelayanan Bimbingan Konseling Islam disekolah untuk mewujudkan siswa- siswi yang aktif dan mandiri serta dapat mengembangkan minat dan bakatnya. Kata kunci: Kinerja Guru BK, Bimbingan Konseling Islam, layanan BK