Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan simultan dan parsial efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui angket yang 100 siswa urban di SMA Negeri 1 Pamekasan secara purposive. Hasil analisis uji regresi menunjukkan nilai F = 28,453 dan p = 0,000 (p 0,05). Berarti efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik memiliki korelasi yang sangat signifikan. Hasil uji korelasi parsial antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik memperoleh nilai t = -0,145 dan dan p= 0,000 (p0,05), yang berarti bahwa antara efikasi diri dengan stres akademik memiliki korelasi negatif yang sangat signifikan. Hasil uji korelasi antara dukungan sosial dengan stres diperoleh nilai t = -0,561 dengan p=0,081 (p0,05), yang artinya antara dukungan sosial dengan stress akademik memiliki korelasi negatif yang sangat signifikan.