SELF TALK UNTUK MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM LAYANAN KONSELING (Sebuah Elaborasi Konseptual Menuju Model Alternatif Bimbingan Konseling Islam)

Abstract

Bimbingan konseling di sekolah saat ini mungkin tidak bisa disamakan dengan paradigma klasik yang mengandalkan proses pembelajaran semata. Teori-teori bimbingan konseling selalu berkembang menyesuaikan rumpun ilmunya, yakni psikologi. Ada beberapa hasil kajian psikologis yang juga menjadi alat atau instrument baru yang belum banyak dikembangkan di Indonesia dalam bidang pendidikan yang ditangani oleh konselor termasuk guru bimbingan konseling. Adapun salah satu terapi bimbingan konseling yaitu self talk. penelitian ini akan banyak mengulas tentang bagaimana konsep self talk untuk motivasi belajar siswa dalam kajian teoritik, mengapa self talk menjadi alternatif layanan konseling dan apa saja yang menjadi komponen penting dalam melaksanakan terapi ini. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian literature dan lapangan.  mendeskripsikan konsep Self Talk didasarkan pada hasil-hasil penelitian jurnal/buku-buku yang menjelaskan tentang self talk. Tulisan ini akan memaparkan bagaimana  konsep self talk dalam memotivasi belajar siswa, mengapa self talk menajadi alternatif layanan konseling, dan apa saja komponen yang penting dalam melaksanakan terapi self talk.