Kontribusi Tilawah dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Tilawah is one of the tasks, responsibility, and the process of carrying out the mission of the Apostles in delivering the message to the people. Recitation in practice (reading and following its contents) has become a quite serious discourse and is one of the therapeutic techniques (istiysfa`) used by scientists and therapists in restoring psychological (cognitive, affective and conative) conditions of various disorders. The experimental results showed that the Qur'an recitations had a very significant effect on human life. Therefore the main problem in this research is to question what contribution tilawah in improving students' creative thinking (cognitive) ability (study at the Da'wah and Communication Science Faculty of Imam Bonjol Padang). The method used is a simple one group pretest and posttes research experiment to see the contribution tilawah in improving the ability to think on fluency aspects, flexibility and novelty. The results of this experiment found that there was a contribution of tilawah to the increase in students' creative thinking skills which was quite significant with a contribution of 54.8% with the conclusion that H0 was rejected and H1 was accepted. Keyword: Tilawah, kreatif, fluency, flexibility, novelty Tilawah merupakan salah satu tugas, tanggungjawab, dan proses pelaksanaan dakwah para Rasul dalam menyampaikan risalah kepada umatnya. Tilawah dalam praktik(membaca dan mengikuti isi kandungannya) telah menjadi sebuah diskursus yang cukup serius dan menjadi salah satu teknik terapi (istiysfa`) yang digunakan oleh para ilmuan dan terapis dalam memulihkan kondisi kejiwaan ( kognitif, afektif dan konatif) dari berbagai gangguan. Hasil eksperimen para peneliti menujukkan bahwa tilawah Al-Quran memiliki efek yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Karena itu permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah mempertanyakan apa kontribusi tilawah dalam meningkatkan kemampuan berpikir (kognitif) kreatif mahasiswa (studi di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang).Metode yang digunakan adalah eksperimen riset sederhana one group pretest and posttes untuk melihat kontribusi tilawah dalam peningkatan kemampuan berpikirpada aspek fluency, flaxibility dan novelty. Hasil eksperimen ini menemukan bahwa ada kontribusi tilawah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang cukup signifikan dengan kontribusi 54,8% dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Tilawah, kreatif, kelancaran, fleksibilitas, kebaruan.