Pengembangan Buku Saku Berbasis Metode Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Lembaga Bahasa Arab dan Inggris

Abstract

Abstrak : Bahasa arab dalam dunia pendidikan menepati posisi yang sangat terbelakang di kalangan pendidikan di Indonesia. Hal ini berbanding sangat terbalik dengan posisi bahasa arab di lingkungan pesantren, mereka menaruh pembelajaran bahasa arab lebih depan dari yang lain, posisi yang unggul inilah menjadikan bahasa arab lebih dikenal dan dipandang penting dikarenakan adanya kitab-kitab yang berbahasa arab, sehingga menjadikannya pembelajaran yang sangat penting bagi mereka. Pendidikan bahasa arab di lembaga bahasa arab dan inggris denanyar menuntut para santrinya untuk mampu berbicara bahasa arab dengan baik. Hal ini menjadi masalah besar bagi mereka para siswa yang sebelum masuk di LBAI sama sekali tidak mengenal bahasa arab. Maka dari sinilah saya sebagai peneliti membuat buku saku berbasis metode komunikatif yang diharapkan dapat menjadi pegangan siswa agar lebih bisa meningkatkan kualitas berbicaranya. Kata kunci: Bahasa Arab, Buku saku, dan Metode Komunikatif