Analisis Strategi Dan Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajarkan Movement Againts Radicalism Values (Sebuah studi kasus pada Peserta didik MTs Bahrul Ulum Tambakberas)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena paham radikalisme yang terjadi di masyarakat, khususnya pada dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, startegi guru dalam upaya mengajarkan nilai-nilai gerakan melawan radikalisme yaitu: 1) Menanamkan Konsep Akidah Akhlaq/ketauhidan, 2) Mengajarkan tentang ke-Aswajaan Amaliyah An-Nahdliyah 3) Berpegang Teguh Pada Al-Qur’an dan Hadis, 4) Memilih Teman Dalam Pergaulan. Kedua, metode yang paling efektif dalam upaya mengajarkan nilai-nilai gerakan melawan radikalisme, yaitu: 1) Melalui Program pembiasaan Kegiatan Keagamaan 2)  Melalui program Peringatan Hari Besar Islam 3) Melalui program peringatan Hari Besar Nasional seperti ketiga, adalah faktor pendukung dan penghambat yaitu 1) penyalahgunaan teknologi informatika (IT) yang sering disalah gunakan oleh siswa, 2) kurangnya dukungan orang tua terhadap kebijakan sekolah. 3) kurangnya kerjasama antar sesama guru kepada peserta didik terkait pemahaman radikalisme. 4) kurangnya partisipasi orang tua dalam memberikan pemahaman akan bahaya radikalisme saat mereka di rumah. 5) Kedispilinan siswa yang kurang stabil dari kurang kerja samanya antara pihak pengurus pesantren dengan pihak pengurus sekolah.Kata Kunci: Strategi, Metode, Guru PAI, Gerakan, Melawan,Radikalisme