Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Jombang

Abstract

Model pembelajaran matching card merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif. Bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok kecil secara kolaboratif yang anggota terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran mathing card dalam pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa di MAN 3 Jombang pada materi Zakat dan Hikmahnya. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan pre-test dan post-test. Terdapat satu kelas yaitu kelas X agama 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen desain one group pre-test post-test yang penerapannya dengan cara memberikan perlakuan pada suatu kelompok, lalu mengobservasi hasilnya. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. . Analisis statistik yang digunakan adalah paired sample t-test. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS dan menunjukkan nilai Sig (0.000) < α (0.05) yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model matching card cukup efektif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.