Gaya Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Dramaga Bogor Sebelum Pandemi dan Saat Pandemi
Abstract
Berdasarkan penelitian diatas dapat peneliti simpulkan bahwa siswa/i kelas XI IPA 1 SMAN 1 DRAMAGA cenderung memiliki gaya belajar audio pada proses pembelajaran, baik sebelum pandemi dan saat pandemi dikarenakan mereka lebih memahami materi ketika mendengarkan penjelasan dari guru. Namun, proses pembelajaran saat pandemi dengan memberikan penjelasan saja tidak cukup efektif. Hal ini disebabkan oleh situasi dan kondisi masing-masing siswa/i ketika mengikuti proses pembelajaran dari rumah, sehingga dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat untukĀ mendukung proses pembelajaran, baik secara visual, audio visual, dan kinestetik agar siswa/iĀ memiliki minat dalam belajar dan tidak merasa bosan walaupun hanya belajar secara online. Perpindahan proses pembelajaran dari offline ke online ini sangat berpengaruh pada gaya belajar siswa/i. Pada penelitian kami di kelas XI IPA 1 SMAN 1 DRAMAGA sebagian besar dari mereka tidak cocok dengan proses pembelajaran secara online. Dengan demikian, penting sekali guru memahami gaya belajar masing-masing siswa/i dan metode serta media pembelajaran yang tepat agar materi pelajaran dapat tersampaikan dan dipahami oleh siswa/i dengan baik.