Kontribusi Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berperilaku Generasi Alpha (Studi Kasus Di Mts As-Sa’id Blado, Kabupaten Batang)

Abstract

AbstrakGenerasi Alpha merupakan adik dari generasi Z, yang lahir antara tahun 2010 sampai 2025. Segala kemudahan yang ada karena pengaruh teknologi yang sedemikian maju, menjadikan generasi Alpha memiliki beberapa kekurangan disbandingkan dengan generasi-generasi khususnya dalam hal karakter, akhlak dan perilaku. Karakter generasi Alpha yang begitu unik ini, menjadikan perlu adanya metode khusus untuk menanamkan pendidikan yang mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan etika mereka dalam berperilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pembelajara Aqidah Akhlak bagi perkembangan etika berperilaku pada generasi Alpha. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs As-Sa’id Cokro, Blado menunjukkan terdapat kontribusi yang cukup baik terhadap etika berperilaku generasi Alpha. Hal ini nampak pada hasil observasi dan wawancara kepada peserta didik yang menunjukkan hasil seperti; tingkat kecanduan game yang berkurang, ibadah yang lebih taat, etika serta sopan santun yang mulai terbangun, dan semangat belajar yang meningkat.