TREN FOTO DI ERA MILENIAL DI BANGUNAN PENINGGALAN SEJARAH INDONESIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren foto di era milenial di bangunan peninggalan sejarah Indonesia. Hadirnya sosial media juga dapat berperan dalam munculnya tren foto di bangunan peninggalan sejarah. Foto yang diambil di bangunan peninggalan sejarah dan kemudian tersebar di sosial media dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi bangunan peninggalan sejarah dan juga mengikuti tren foto yang sedang marak digandrungi. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi, serta mengumpulkan data dari observasi, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tren foto di bangunan peninggalan sejarah di era milenial dipengaruhi oleh selera foto generasi milenial yang menyukai tema-tema vintage, yaitu tema fotografi yang membuat kesan foto menjadi terlihat seperti foto jaman dulu. Keaslian bangunan peninggalan sejarah membuat foto tema vintage terlihat lebih real dan mengesankan. Selain itu, suasana bangunan sejarah yang berbeda dari tempat lain juga mempengaruhi rasa atau feel dari foto yang diambil. Tren foto di bangunan peninggalan sejarah juga mampu menjadi solusi bagi generasi milenial yang ingin memperoleh foto keren dan juga pengetahuan tentang peninggalan sejarah Indonesia. Dengan adanya tren foto ini diharapkan bisa meningkatkan eksistensi bangunan peninggalan sejarah, serta menjadikan generasi milenial sebagai motor penggerak pelestarian bangunan peninggalan sejarah di Indonesia.