HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS QUALITY
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, telah menganggu aktivitas manusia di berbagai sektor kehidupan. Seluruh mahasiswa dan dosen diharuskan belajar dan bekerja dari rumah. Pembelajaran dialihkan dari luring menjadi daring. Tentunya, motivasi dan semangat sangat dibutuhkan oleh mahasiswa pada saat keadaan seperti ini supaya kemauan dan hasil belajar tetap stabil. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester IV dengan jumlah 89 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar pada pembelajaran daring mahasiswa PGSD Universitas Quality. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga rhitung = 0,712 yang kemudian dibandingkan dengan rtabel product moment dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1 =27 – 1 =26, dengan taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,388. Dengan demikian, rhitung > rtabel atau 0,712 > 0,388. Besarnya motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar pada pembelajaran pembelajaran daring mahasiswa PGSD Universitas Quality adalah 50,72%. Sedangkan 49,28% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci : Motivasi, belajar Daring