Peningkatan kreatifitas pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Tingkat Dasar Melalui Project Learning Berbasis Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini memaparkan hasil minat belajar siswa dengan peningkatan kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa tingkat dasar melalui project learning berbasis merdeka belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa selama pembelajaran di kelas, siswa hanya mengandalkan pembelajaran berbasis kognitif saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui project learning berbasis merdeka belajar agar minat belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022 bertempat di SDN 3 Pringgajurang dengan objek penelitian siswa kelas IV berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian berupa identifikasi isu menggunakan teknik APKL (Aktual, Problematik, Khalayak dan Layak) dan selanjutnya dilakukan penetapan isu USG (Urgency, Seriousness, Growth) setelah itu dilanjutkan denga analisis isu melalui fishbone diagram untuk melihat sebab-akibat. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbandingan signifikan pada materi project learning sastra untuk individu dengan kelompok. Pembelajaran proyek untuk yang dilakukan secara berkelompok jauh lebih efektif dengan persentase puisi 31%, drama 26% dan cerpen fantasi 16%. Kreatifitas ini dilakukan dalam praktek uji keterampilan sehingga hasilnya baik dan meningkat. Akhirnya, peningkatan kreatifitas siswa pelajaran bahasa Indonesia melalui project learning berbasis merdeka belajar yang dikemas dalam uji keterampilan bersama kelompok tentu menumbuhkan hasil yang baik dan terbukti optimal untuk mengatasi masalah-masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang mengharuskan tidak berdasarkan teori koginitif saja namun juga uji psikomotorik (keterampilan) sesuai tahap tumbuh kembang siswa di sekolahnya.