ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, DAN OPERATING CASH FLOW TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, FCF, dan OCF terhadap manajemen laba perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan. Teknis penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel akhir yang didapatkan adalah 12 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi spss versi 22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, FCF, dan OCF tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba.