ANALISIS BAGI HASIL, KUALITAS PELAYANAN, DAN MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK DEPOSITO SYARIAH

Abstract

Terdapat peningkatan jumlah rekening deposito yang tidak selaras dengan fluktuasi jumlah dana deposito syariah pada periode tahun 2018-2020. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh bagi hasil dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan produk deposito syariah di PT Bank Tabungan Negara KCS Banjarmasin. Penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil regresi diperoleh variabel bagi hasil dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variabel minat nasabah sebesar 20,3%, dan sisanya sebesar 79,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Pada uji-t, variabel bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah sedangkan uji F, variabel bagi hasil dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah. hingga, variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.