Konstribusi Hadits Dalam Pendidikan Islam

Abstract

Hadits Nabi sumber utama setelah Firman Allah S.W.T. dalam konsepsi dan pokok-pokok pikiran Pendidikan Islam dari berbagai aspek kehidupan manusia yang selalu mengalami kemajuan dan perubahan pada zaman dan setiap saat. Hadits ada yang terbatas (sempit) dan luas (tidak terbatas), maka empat unsur dalam ilmu ini sangat urgen untuk dipahami, guna membedakan mana yang bersumber figur beliau atau sama sekali yang diluar ketentuan berdasar disiplin ilmu tersebut. Kegunaan Hadits di kaji dan di pahami agar dapat Diketahui secara mendetail eksistensinya, ribuan jumlahnya bisa di pilah dan di teliti antara yang sah serta yang palsu, oleh karena nya dapat diklarifikasi dan di kritik, dipahami tentang kualitas dan kuantitas, menjaga dan memelihara dari kesalahan dan penyimpangan. Pendidikan Islam bersumber dari acuan utama yaitu Kitabullah dan Assunnah, formulasi ada sejak masa Rasul sanpai generasi tokoh pendidik Islam saat ini. Alur dan sirkulasi nya berjalan sebagaimana landasan pokok berikut : Rumusan para Ahli yang berperan secara Aktual. Hal ini berjalan sesuai dengan tingkat kecerdasan dan karakter yang dimiliki oleh publik. Pendidikan Islam dapat dipastikan rel nya Uswah Hasanah (teladan yang baik) siapapun wajib terlibat dan melibatkan diri. Hal ini jika sampai terbengkalai maka ancamanya kondisi Bangsa, Negara dan Agama mengalami labil serta sangat gampang terpengaruh atas situasi yang tidak menguntungkan bahkan riskan terhadap generasi.