MENDIDIK DENGAN TAULADAN

Abstract

Metode adalah seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan/materi pelajaran kepada peserta didik yang dianggap lebih signifikan dibanding dengan materi sendiri. Keberhasilan penggunaan suatu metode merupakan keberhasilan proses pembelajaran yang akhirnya berfungsi sebagai determinasi kualitas pendidikan Sehingga metode pendidikan Islam yang dikehendaki akan membawa kemajuan pada semua bidang ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Secara fungsional dapat merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan. Prilaku keteladanan merupakan sebuah metode pendidikaan Islam yang sangat efektif untuk diterapkan oleh seorang pendidik dalam proses pendidikan. Karena pada dasarnya pendidikan merupakan usaha sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama. Sehubungan dengan konsep tersebut, dapat dipetik satu pesan al-Qur’an tentang keteladanan (Uswah Hasanah), karena al-Qur’an mengenalkan jalan menuju ke sana. Semakin sempurna seorang dewasa yang menjadi teladan bagi anak-anak, maka tingkat penerimaan dan keberlansung­annya juga semakin banyak. Lihat saja tingkah polah dan perilaku anak-anak kita, mereka sangat menyukai peri­laku orang yang diteladaninya dan dengan senang hati berusaha membentuk dirinya seperti orang yang diteladaninya itu.