Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas XII MAN 1 Dumai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian merupakan siswa-siswa kelas XII MAN 1 Dumai sebanyak 30 orang. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban siswa pada LKS dan hasil observasi serta wawancara untuk melihat pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Pada penelitian ini ada 5 aspek keterampilan proses sains yang diamati dengan sintaks problem based learning yaitu, keterampilan observasi, keterampilan hipotesis, keterampilan merancang percobaan, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua keterampilan proses sains yang diamati pada kategori sangat baik dengan rata-rata 80,1 % - 95,4 %.