Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya melalui Model Role Playing di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar seni budaya siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing pada mata pelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik test, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran role playing. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran role playing pada siklus I adalah 79.76 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89.28. 2) aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran role playing pada siklus 1 adalah 70.98 dan pada siklus 2 adalah 82.58. 3) Hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 73.37 sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 82.58. Hal ini membutikan bahwa model pembelajaran role playing  dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya siswa SMP Negeri 3 Tambang.