Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Integritas Guru SMP Negeri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap integritas Guru SMP Negeri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 110 responden dari 150 orang guru di Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data diperoleh informasi bahwa: 1) ada pengaruh positif dan signifikan konsep diri terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir adalah 16,6% sedangkan sisanya sebesar 83,4% ditentukan oleh factor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; 2) ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir adalah 18,9%, sedangkan sisanya sebesar 81,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan 3) ada pengaruh positif dan signifikan konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir adalah 36,1%, sedangkan sisanya sebesar 63,9% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pengaruh positif dan signifikan konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap integritas guru memiliki tafsiran atau pengaruh dalam kategori rendah.