Pengaruh Supervisi dan Integritas terhadap Kinerja Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pengaruh Supervisi dan Integritas terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir kepada Guru SD di Kecamatan Bangko. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 181 orang guru yang dipilih secara random. Data diperoleh dengan cara angket yang sebelumnya dilakukan uji coba untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis secara diskriptif dan statistic (analisis regresi berganda) menggunakan program SPSS versi 1. Hasil penelitian diketahui menunjukan bahwa secara umum ke tiga variabel tersebut yaitu supervisi, integritas dan kinerja guru masih tergolong kategori sedang, karena itu perlu ditingkatkan kualitasnya. Namun demikian ternyata pengaruh supervisi dan integeritas terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara silmultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi sebesar 28%, sementara sisanya ditentukan oleh faktor lain sepeerti motivasi, kompensasi, pengalaman dan lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan demikian apabila ingin meningkatkan kinerja guru maka diperlukan supervisi yang baik dan tepat baik oleh Kepala Sekolah maupun oleh Pengawas terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, serta juga diharapkan kepada guru untuk juga meningkatkan integritasnya