Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendy
Abstract
Tujuan penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah yang dibahas, yaitu : 1) mengetahui dan mengeksplorasi nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi dalam buku Tunjuk Ajar Melayu karya Tennas Effendy; dan 2) mengetahui dan mengeksplorasi penerapan nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi dalam buku Tunjuk Ajar Melayu karya Tennas Effendy. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) bersifat kualitatif deskriptif. Objek material penelitian adalah studi teks terhadap Naskah Tunjuk Ajar Melayu karangan Tenas Effendy. Dalam penelitian ini, sumber data primer adalah buku Tunjuk Ajar Melayu (Butir-butir Budaya Melayu Riau). Sumber sekunder terdapat di ensiklopedi, kamus, buku pegangan, abstrak, indeks, dan textbooks. Teknik analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Hasil Temuan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai Takhalli terdapat 48 ungkapan, nilai-nilai Tahalli meliputi 67 ungkapan, 15 pantun, 32 sya’ir, dan nilai-nilai Tajalli terdiri dari 106 ungkapan dan 40 pantun dan 20 sya’ir; 2) penerapan nilai-nilai pendidikan tasawuf akhlaqi dalam buku Tunjuk Ajar Melayu karya Tennas Effendi diperoleh informasi bahwa nilai pendidikan ditunjukkan dalam bentuk prilaku yang ditampilkan sebagai berikut: Allah menjadi tempat mengadu, mengingat Allah (berdzikir kepada Allah), melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya (takwa), bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, percaya kepada hari akhir. Nilai pendidikan ibadah ditunjukkan dalam bentuk prilaku yang ditampilkan adalah bersujud menyembah Allah swt (shalat), mensyukuri nikmat, meringankan beban orang lain.