Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI/SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual

Abstract

Pada umumnya orang menganggap bahwa pendidikan seks hanya berisi tentang pemberian informasi alat kelamin dan berbagai macam posisi dalam berhubungan kelamin. Hal ini tentunya akan membuat para orangtua merasa khawatir. Untuk itu perlu diluruskan kembali pengertian tentang pendidikan seks. pendidikan seks berusaha menempatkan seks pada perspektif yang tepat dan mengubah anggapan negatif tentang seks.  Penulisan artikel ini berisi tentang kajian literatur tentang pendidikan seks bagi siswa SD Serta penanganan tetntang isu isu terbaru (LGBT, Kekerasan Seksual) serta mengimplemtasikan dalam pembelajaran. Metode sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional yang dilakukan dengan menggunakan jurna- jurnal terkait serta artikel artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Dengan analisis deskriptif diharapkan dapat memperoleh data yang komprehensif dan mendalam. Langkah–langkah yang dilakukan diantaranya pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta membandingkan literatur untuk kemudian diolah dan menghasilkan kesimpulan. Data yang digunakan  merupakan data sekunder yang berasal dari textbook, jurnal, artikel ilmiah, literature review  yang berisikan tentang konsep yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pendidikan Seksual bagi siswa MI/SD dan Implikasi dalam Pembelajaran