Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang, hal ini dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 59,19, sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 65. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data ditemukan peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata  awal 59,19 menjadi 77,81. Aktifitas guru meningkat dari 70%  menjadi 95%. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari 65% menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang