Peningkatan Hasil Belajar Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas IX A4 MTsS Dar-El Hikmah Pekanbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pendidik sehingga hasil belajar lebih maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dari akhir Agustus sampai awal September 2017. Penelitian dilaksanakan berdasarkan hasil tes pada Ulangan Harian I, yaitu pada Kamis 28 Juli 2017. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX A4 MTsS Dar El Hikmah Pekanbaru. Peserta didik Kelas IX A4 MTsS Dar El Hikmah Pekanbaru terdiri atas perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, baik secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga dapat meningkatkan hasil pembelajaran pemahaman unsur intrinsik cerpen. Hal itu dapat dilihat dari hasil tes yang diperoleh peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I hasil tes peserta didik mengalami kenaikan 33.33%, sedangkan pada siklus II meningkat 11,11%. Jadi pada setiap siklus terdapat kenaikan hasil belajar yang signifikan