Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Bangkinang Seberang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Konsep Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah  Mengenal rasul Allah SWT, pada Siklus I dan Siklus II,  tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan Aktivitas Belajar . Aktivitas Belajar sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 49,23 ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 53,71%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 62,62 hal ini menunjukan bahwa melalui Metode Diskusi Terpimpin Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.