PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui bermain konstruktif yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B RA Nurul Huda Tahun 2017. Subyek penelitian ini yaitu 10 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain konstruktif, dibuktikan dengan rata-rata skor kreativitas pada pra-intervensi sebesar 33, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51 dan siklus kedua sebesar 71. Kata Kunci: Kreativitas, bermain konstruktif, penelitian tindakan