Konsep Dasar Butir Instrumen Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar dari tiap butir yang terdapat dalam Instrument Penilaian Akreditasi (IPA) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tulisan ini merupakan hasil penelusuran dari berbagai sumber terpercaya atau dapat disebut sebagai studi pustaka. Data-data yang didigunakan dalam penelitian ini ialah data data yang berupa karya-karya ilmiah tertulis seperti jurnal, artikel, buku dan karya tertulis lainnya. Fokus tulisan ini memuat dasar konseptual tiap butir penilaian yang kehadirannya dalam mengukur performa satuan PAUD yang digunakan assessor pada saat visitasi. Butir tersebut terdiri dari delapan standar: (1) Standar pencapaian perkembangan anak; (2) Standar isi; (3) Standar proses; (4) Standar kompetensi pendidik; (5) Standar sarana dan prasarana; (6) Standar pengelolaan; (7) Standar pembiayaan; (8) Standar penilaian pendidikan. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif, sehingga membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil penelusuran pustaka menunjukkan bahwa setiap butir yang ada dalam instrument penilaian akreditasi PAUD telah sesuai dengan dasar teori yang ada.