PENGGUNAAN MEDIA POHON HURUF HIJA’IAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf hija’iah pada anak Taman Kanak-kanak Tunas Harapan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hija’iah pada anak kelompok Asoka melalui penggunaan media pohon huruf hija’iah. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelompok Asoka Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang anak, yang terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, dimana siklus pertama 4 kali pertemuan dan siklus kedua 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif sedangkan data penelitian ini diolah dengan persentase dan . Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media pohon huruf hija’iah dapat meningkatkan kemampuan membaca, terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pohon huruf hija’iah dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hija’iah anak, hasil membuktikan bahwa  sebesar 8,9 sementara  3,355 pada taraf signifikan 1%, dengan demikian  lebih besar dari  sehingga perhitungan uji  pada penilaian ini dikatakan signifikan. Dalam penggunaan media pohon huruf hija’iah untuk meningkatkan kemampuan membaca  anak, direkomendasikan seorang guru harus menyiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya pembelajaran menggunakan media pohon huruf yang menarik sesuai dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak.