PENGEMBANGAN BUKU PERCOBAAN SAINS SEDERHANA BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Abstract

Pengembangan buku percobaan sains sederhana merupakan salah satu  buku dengan guna membantu anak dalam kegiatan bermainnya. Percobaan sains anak usia 5-6 tahun ini diteliti sebagai upaya untuk membiasakan anak bekerja keras untuk memperoleh pengetahuan. Melalui buku percobaan sains ini, diharapkan dapat menembangkan karakter anak usia 5-6 tahun. Buku yang dapat mendukung proses kegiatan bermain anak ini memiliki pokok bahasan warna dan perubahannya. Tujuan dari peneltian ini adalah mengembangkan buku percobaan sains sederhana pokok bahasan warna dan perubahannya dengan objek penelitin anak usia 5-6 tahun. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development. Hasil dari penelitian buku percobaan sains sederhana memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli media mencapai 95%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 97,2%, hasil belajar  anak rata-rata nilai pre-test  61,93  dan  nilai post-test  86,5.  Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4, 493 ≥ 1,071 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku percobaan sains sederhana yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku percobaan sains sederhana layak digunakan dalam kegiatan bermain. Kata   Kunci:   pengembangan, buku, percobaan sains sederhana, pendidikan karakter, anak usia 5-6 tahun.