MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE QUANTUM TEACHING

Abstract

Penelitian ini memecahkan masalah pada rendahnya kemampuan menggambar anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu melalui metode Quantum Teaching, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan portofolio. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak. Pada siklus I rata-rata kemampuan menggambar anak adalah 53% dan pada siklus 2 rata-rata kemampuan menggambar anak meningkat menjadi 76%. Kata kunci: Menggambar, Metode Quantum Teaching