PENGARUH VIDEO CERITA IPIN DAN UPIN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak pada anak TK kelompok A, (2) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan berbicara pada anak TK kelompok A, (3) pengaruh video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kelompok A. Penelitian ini menggunakan pola rancangan Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Huda dan TK Dharmawanita Beran pada anak kelompok A. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dianalisis menggunakan analisis statistik uji Manova SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak pada anak TK kelompok A dapat diterima, (2) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan berbicara pada anak TK kelompok A dapat diterima, (3) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0,000 yang jauh dibawah 0,05 maka 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis video cerita Ipin dan Upin terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kelompok A dapat diterima.   Kata Kunci: kemampuan menyimak dan berbicara, media video cerita Ipin dan Upin