PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil dalam meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan anak kelompok A PAUD Wesley Mandiri, Lampung Utara melalui penerapan media bulletin board. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Taggart, yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Wesley Mandiri yang berjumlah 12 orang anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan anak-anak mengalami peningkatan setelah diterapkan media bulletin board. Skor kemampuan membaca permulaan anak pada pra siklus sebesar 31,75, siklus I sebesar 40,33, dan siklus II sebesar 47,33. Hasil tersebut memberikan implisasi bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan dapat ditingkatkan melalui media bulletin board. Kata Kunci: kemampuan pengenalan konsep bilangan, bulletin board, penelitian tindakan