IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kegiatan pembiasaan dalam implementasi toleransi beragama, (2) Mendeskripsikan pengembangan kurikulum dalam mendukung implementasi toleransi beragama, (3) Mendeskripsikan peran guru kelas dan agama dalam melaksanakan pembinaan toleransi beragama, dan (4) Mendeskripsikan peran orang tua dalam mendukung implementasi toleransi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Implementasi toleransi beragama dengan narasumber kepala sekolah, guru kelas, guru agama, orang tua dan anak. Analisis data yang digunakan yaitu analisis model interaktif Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, pengamatan terlibat, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi toleransi beragama di TK Negeri Pembina Karangmalang Sragen dilaksanakan melalui (1) Kegiatan pembiasaan, berupa Bina Agama Pagi, berdoa bersama sebelum dan sesudah belajar, serta berdoa bersama sebelum dan sesudah makan, (2) Kurikulum yang mengandung unsur penanaman dan pengembangan sikap toleransi dengan bobot muatan 43,99 % dari keseluruhan bobot kurikulum, (3) Guru kelas yang memiliki peran untuk melaksanakan pembinaan toleransi beragama secara terstruktur dan tidak terstruktur, (4) Guru agama yang memiliki peran untuk memberikan materi, pesan, dan pembiasaan terkait toleransi beragama, (5) Orang tua yang memiliki peran untuk menyamakan persepsi, membangun komitmen, dan berperan serta dalam kegiatan implementasi toleransi beragama. Kata Kunci: toleransi, agama, PAUD