PERSEPSI GURU PAUD TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI PAUD SE-KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi guru PAUD terhadap faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan pembelajaran pada aspek pengelolaan kelas, aspek media dan sumber belajar, aspek metode dan strategi pembelajaran, serta aspek bahan belajar dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru PAUD terhadap faktor-faktor yang menghambat dalam melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, dengan sampel yang berjumlah 34 guru PAUD di Kecamatan Ujan Mas. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Persepsi guru PAUD pada aspek pengelolaan kelas tergolong tinggi, 2. Persepsi guru PAUD pada aspek media dan sumber belajar tergolong tinggi, 3. Persepsi guru PAUD pada aspek metode dan strategi pembelajaran tergolong tinggi, dan 4. Persepsi guru PAUD pada aspek bahan belajar dan penilaian pembelajaran tergolong sangat tinggi. Dari kesimpulan ini, disarankan kepada guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi melaksanakan pembelajaran.   Kata Kunci: persepsi, guru PAUD, pembelajaran