Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Masa Study From Home

Abstract

Seiring dengan diberlakukannya study from home dalam Surat Edaran nomor 4, yakni dengan melaksanakan pembelajaran di rumah namun tetap membuat murid memiliki pengalaman yang bermakna dalam belajar, penulis tertarik mengkaji lebih lanjut mengenai kreativitas apa saja yang telah dihasilkan oleh guru dalam membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menarik dan bermakna kepada siswa selama masa study from home. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat library research. Data berasal dari literatur maupun bahan dokumentasi lain, seperti tulisan jurnal terakreditasi, buku nasional, artikel, database online, website, indeks dan abstrak, kemudian data tersebut dianalisis seluruhnya. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bahan pembelajaran yang diberikan berhubungan dengan situasi pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi, seperti; guru memberikan edukasi mengenai COVID-19, yakni bahaya serta cara pencegahannya dengan membuat hand sanitzer dan peralatan untuk protokol lainnya. Orang tua mengambil video atau photo anaknya saat aktivitas belajar, lalu memberikan laporan kepada guru. Ini dapat menjadi kolaborasi yang bagus antara guru, murid, dan orang tua murid dalamĀ  berinovasi sehingga tugas dalam pembelajaran dapat berjalan baik meskipun belajar dari rumah.