Mengembangkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Media Teka-Teki Bergambar pada Anak Kelompok B di TK TGK Hasanul Basri Cot Jabet Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen

Abstract

Rendahnya kemampuan keaksaraan pada anak untuk sekarang ini juga terjadi di TK Tgk Hasanul Basri Cot Jabet khususnya anak-anak kelompok B yang belum berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan, sehingga perlu adanya tindakan untuk mengembangkan kemampuan tersebut, salah satunya peneliti menggunakan media teka teki gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan penguasaan keaksaraan anak yang belum berkembang ada 12 anak (60%), untuk Mulai berkembang ada 8 anak (40%) sedangkan untuk berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan I (siklus I) anak yang belum berkembang ada 2 anak (10%), untuk Mulai berkembang ada 11 anak (55%), untuk berkembang sesuai harapan ada 7 anak (35%) dan berkembang sangat baik tidak ada. Pada tindakan II (siklus II) kemampuan penguasaan keaksaraan melalui media teka teki bergambar dari jumlah anak yang belum berkembang 1 (5%), anak yang mulai berkembang pada siklus II terdapat 3 anak (15%) dan anak yang berkembang sesuai harapan ada 7 anak (35%), sedangkan anak berkembang sangat baik ada 9 anak (45%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media teka teki bergambar dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan anak