Implementasi Nilai – Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day Di TK IT Ar-Rahmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilainilai kewirausahaan pada anak usia dini melalui kegiatan market day di TK IT Ar-Rahmah Kabupaten Bener Meriah. Subjek penelitian ini adalah 3 kelas yaitu B1 sebagai penjual B2 dan B3 sebagai pembeli. Menggunakan Metode Kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research), analisis data menggunakan Teknik observsi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan nilai-nilai kewirausahaan yaitu kegiatan dilakukan setiap hari jum’at dengan mengenalkan kegiatan market day pada anak seperti membawa makanan dan minuman, aksesoris maupun keterampilan lain yang dibuat dirumah sehingga dapat di perjual belikan anak kepada teman temannya disekolah, kegiatan ini adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan hal itu anak dapat belajar bagaimana cara bertransaksi, cara menukar kembalian, dan tata cara jual beli. Anak dilibatkan dalam proses produksi, distribusi dan konsumen. Terdapat nilai-nilai kewirausahaan yang tampak pada anak adalah sikap kepemimpinan, tanggung jawab, mandiri terutama dalam kelompok penjual, disiplin untuk mengantri sebagai pembeli, menunggu makanan, jujur ketika makanan sudah diambil maupun sudah dibayar, kreatif dan juga menumbuhkan sikap kemandirian pada anak. Namun ada beberapa hambatan seperti kurangnya tenaga pendidik, managemen waktu yang kurang karna dan peran orang tua untuk mewujudkan kegiatan market day di TK IT Ar-Rahmah terhadap pengembangan kreativas anak dalam berwirausaha.